Teknik Bermain Futsal

9-All | All About 9 - Futsal adalah permainan yang membutuhkan kecepatan,kekuatan,dan ketepatan(stamina fisik) dan tehnik. hal tersebut sangat efektif dalam sebuah permainan futsal. Permainan ini juga dibutuhkan kerjasama tim yang baik,sehingga dapat tau gimana kebiasaan masing-masing individu. Mungkin dapat dilakukan dengan cara main bersama,bercanda bersama,ataupun yang lainya. Sehingga komunikasi saat bermain bisa berjalan dengan baik dan lancar. Jadi untuk menguasai semua itu,loe semua harus lakuin itu dan menjaga stamina dan menambah tehnik bermain. Ini ada beberapa tips buat menambah hal tadi. Sebagai berikut ;

A. Stamina tubuh.

1. Kecepatan (Speed)
Dalam hal ini kecepatan sangatlah penting,karena futsal dibutuhkan kecepatan untuk melakukan sprint pendek dan juga sprint silang (sama juga ya??) ignore it. Sprint dilakukan saat pemain lawan sudah posisi ditempatnya (defensive). Loe harus lakukan sprint,buat lawan binggung,dan membuka peluang agar dapat menambah point. Jika loe semua pengen nambah kecepatan ada tipsnya nih;

1. Jogging minimal 1 minggu sekali,minimal 6-10 km tanpa berhenti.
2. Lakukan sprint pendek 5-10 meter lalu jogging kecil2.
3. Push-up sprint,sit up sprint,zig zag-sprint ,lompat-sprint,dst

2. Kekuatan (Power)

Kekuatan dibutuhkan disini. Kekuatan dipakai saat melakukan shooting,drible one on one. Dengan adanya Power kita dapat dengan mudah menguasai bola dan melakukan passing,shooting,maupun drible . Nih, ada tips buat mengimprove power kalian ;
1. Gunakan bola futsal yang bobotnya agak berat(ada bola yang berat) dalam latihan,dan coba lakukan shooting berkali kali.
2. Gendong salah satu teman lalu lakukan gerakan merunduk-berdiri,lakukan berkali kali.
3. Coba tidur terlentang dan tumpukan barang berat dikaki lalu tekuk dan luruskan.
4. Lainnya kalian bisa improve sendiri.

3. Ketepatan
Disini kita menggunakan Feeling kita untuk bermain. Tidak hanya pacaran aja yang menggunakan felling,dalam futsal felling juga sangat dibutuhkan untuk mencapai kemenangan. Dalam masalah ini ketepatan (felling) contoh,digunakan disaat salah satu teman melakukan sprint jauh,langsung gunakan long pass kesana ataupun saat control bola. Disini gak banyak buat nambah ketepatan,lihat ni ;


1. Sering sering memainkan bola dikaki (dalam latihan maupun diluar latihan).


2. Buat seakan loe tau maunya bola itu (bola atas loe control dada ataupun lainya).
Dari ketiga hal tersebut dilakukan saat mau latihan futsal(pemanasan) juga dapat dilakukan saat mau tanding.

B Tehnik.

1. Passing
Dalam futsal,passing menentukan kemenangan. Passing yang baik dan benar juga dapat membuat lawan binggung. Ni ada tipsnya ;
1. Passing sekeras mungkin kearah teman.
2. Passing diharapkan mendatar di lantai.
3. Passing gunakan kaki dalam,sehingga bola berputar (belok).

2. Control
Untuk mengatasi passing yang keras,kita diharamkan mengontrol bola dengan kaki bagian dalam. Karena kemungkinan besar bola akan jauh dari penguasaan kita. Ni cara control yang benar ;
1. Gunakan telapak kaki.
2. Dengan kaki membentuk sudut,dan tungkak kaki berada di bawah (hampir menyentuh lantai) .

Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. nih buat yang mau ngembangin teknik-teknik main futsalnya. keren banget lho

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Dasar Bola Voli

Cara Cek Pulsa Modem Smartfren

Cara Memanjangkan Rambut Cepat Dan Alami