5 Tips Puasa Lancar

9-All | All About 9 - 5 Tips Puasa Lancar  Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh tak mendapatkan pasokan makanan selama sekitar 14 jam. Dalam keadaan tersebut, sistem metabolisme tubuh pun melambat. Saat kondisi ini terjadi, tubuh akan lebih mudah merasa lemah dan lesu. Ini karena tubuh menghasilkan energi menggunakan cadangan lemak dalam tubuh.

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, menyampaikan beberapa tips berikut ini.

1. Berbuka puasa dengan air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain. Langkah ini dilakukan untuk mengembalikan atau meningkatkan kadar gula darah yang sempat rendah ketika berpuasa.

2. Setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan minimal harus ada salah satu jenis yang berasal dari empat kelompok makanan, yaitu makanan pokok (beras, jagung, roti, ubi), lauk-pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya), sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan buah (semua jenis buah-buahan).

Khusus untuk buah, dianjurkan untuk makan hanya seporsi terutama setelah salat Tarawih atau menjelang tidur. Bukan hanya itu, hindari pula kebiasaan merokok saat berbuka dan waktu sahur.

3. Hindari menyantap makanan terlalu asin setiap hari, baik pada saat berbuka puasa maupun sahur. Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tubuh mudah dehidrasi.

4. Hindari konsumsi makanan tinggi lemak setiap hari, baik pada saat berbuka puasa maupun sahur.

5. Perbanyak minum air putih delapan atau sepuluh gelas mulai buka puasa sampai waktu sahur. Hindari minum minuman beralkohol.

Sumber

Semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Trik And Tips dengan judul 5 Tips Puasa Lancar . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://9-all.blogspot.com/2013/08/5-tips-puasa-lancar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dimasprayoga90 -

3 komentar untuk "5 Tips Puasa Lancar "