Mengatasi Catridge Printer HP Yang Mampet

9-All | All About 9 - Anda memiliki masalah dengan printer HP ? Kadang2 tinta gak mau keluar, atau kadang sering blinking (lampu kedap-kedip) dan tidak mau ngeprint… Nah, aku ingin berbagi pengalaman disini, kebetulan aku pengguna Printer HP kurang lebih selama 4 Tahun dan tiap harinya nyetak ratusan halaman berwarna. Sudah 3 bangkai printerku, tapi hebatnya semuanya bisa kupakai lagi meski bentuknya uda gk kayak printer… Oh iya, printer HP ni paling awet dan tokcer bila dipake dengan ekstrim, prosesnya cepat dan hasilnya bagus. Kalo merk lain kebanyakan gampang banget KO, maklum 1 hari biasanya aku bisa habis 1-2 rim (1000 lbr) dan full colour semua…
Salah Satu Warna Catridge tidak mau keluar alias mampet
Untuk catridge warna : biasanya waktu lagi ngeprint tiba2 warnanya kudu “nganeh” dan buram, biasanya ini disebabkan karena ada salah satu warna yang mampet (karena printer HP jarang semua warnanya mampet). Untuk mengetahui warna mana yang mampet caranya gampang, ambil sehelai tissue terus usapkan bagian mulut catridgenya (noozle catridge), terus lihat warna apa yang tidak membekas di tissue tersebut. Nah warna yang tidak membekas di tissue ini sudah pasti warna itu yang mampet.
Trik untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Pastikan stiker penutup lubang pengisian catridge dalam keadaan terbuka (sebaiknya dilepas aja gak apa2).
  2. Masukkan catridge kedalam sebuah gelas keramik, letakkan dengan posisi tegak (berdiri)
  3. Isi gelas tersebut dengan air yang panas mendidih sampai mendekati lubang pengisian catridge (atau setengah dari tinggi catridge juga boleh) tidak perlu kuatir dengan elemennya yang penting jangan disentuh dengan tangan.
  4. Biarkan catridge terendam selama 3 menit atau seperlunya, bila ada angin yang masuk kedalam catridge maka nanti akan keluar tinta atau gelembung dari lubang catridge. Tetapi apabila catridge timbul bila digenangi air tersebut, maka itu berarti angin didalam catridge sangat banyak sekali… untuk itu tekan catridge selama perendaman (dikasi beban aja diatasnya kalo capek megangnya)
  5. Setelah tidak ada tinta atau gelembung yang keluar lagi, angkat catridge tanpa menyentuh elemen kemudian keringkan dengan tissue (karena tissue daya serapnya 100%). Dinginkan catridge…
  6. Isi semua tinta warna dan tutup lubang pengisian dengan isolasi plastik.
  7. Lakukan Head Cleaning melalui software, test apakah tinta sudah kembali baik… jika belum maka ulangi lagi… masih belum?? Coba anda biarkan lubang pengisian catridge terbuka/lepaskan isolasinya kemudian lakukan head cleaning..
  8. kalo masih belum lagi buang tuh catridge ke tong sampah… beres…
Catatan : Cara ini mungkin juga efektif untuk printer Cannon yang catridgenya mirip2 printer HP seperti ip1880 dan keluarganya…
Tips merawat Catridge
  • Jangan mengeprint warna dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu, misal mau ngeprint 100 lembar… print 25 lembar dulu, abis itu head cleaning baru lanjut lagi 25 lembar lagi terus diulang sampe selesai. (Lama dan repot ? terang aja tapi dengan cara ini lebih aman) Kalo untuk ngeprint hitam putih boleh tiap 50 lembar.
  • Jangan mengguncang2 atau menjatuhkan catridge, ini bisa merusak elemennya.
  • Jangan sering ngeprint dengan mode fast atau economy karena semburan noozle head printer akan dipaksa keluar dengan cepat ini akan membuat catridge cepat rusak.
  • Bila printer jarang digunakan, usahakan tiap 3 hari sekali ngeprint berwarna 1-2 lembar agar catridge tidak beku tintanya.
  • Penting nih… gunakan tinta yang memang direkomendasikan untuk tipe printer tersebut, jangan coba2 pake tinta lain dan jangan biasakan gonta-ganti merk tinta..
Semoga Bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Teknik Dasar Bola Voli

Cara Cek Pulsa Modem Smartfren

Cara Memanjangkan Rambut Cepat Dan Alami